8 Tips Jitu Agar Hubungan Rumah Tangga Kamu Tetap Rukun dan Harmonis

Perkawinan adalah ikatan lahir batin yang paling sakral antara dua insan yang saling mencinta. Di tengah hubungan yang terkadang tidak selalu baik, namun berbagai usaha pastinya diupayakan agar keutuhan rumah tangga tersebut dapat dijaga. Untuk merealisasikan hal tersebut, maka setidaknya ada delapan tips jitu agar rumah tangga tetap rukun dan harmonis bersama pasangan. Adapun sebagai berikut:

Pertama, komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik merupakan hal dasar yang wajib dilakukan pasangan suami istri. Komunikasi yang baik harus saling mendengarkan satu sama lain. Komunikasi yang bermasalah, seringkali menjadi penyebab akar masalah dari suatu hubungan, sehingga dibutuhkan komunikasi yang baik agar pernikahan langgeng. Dengan mendengarkan pasangan, Anda juga  akan mengetahui perasaannya dan memahami apa yang ia pikirkan. Begitupun sebaliknya dengan pasangan Anda.

Kedua, keterbukaan perasaan dan pemikiran

Utarakan perasaan dan pemikiran Anda, Anda harus mampu untuk mengungkapkan perasaan dan pemikiran Anda sendiri, sehingga pasangan dapat memahami sudut pandang Anda. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi ketimpangan perasaan serta pemikiran yang berpotensi timbulnya kekecewaan di hati.

Ketiga, berkrompomi dan mengalah

Mau dan mampu berkompromi  dan mengalah untuk menurunkan ego satu sama lain dalam setiap masalah apapun. Pada saat yang sama, pasangan juga harus terbuka terhadap pemikiran Anda dan pandangan satu sama lain. Maka hasil dari pernikahan bergantung pada masing-masing pihak, bagaimana mengesampingkan keinginan individu serta mewujudkan keinginan bersama secara realistis. Tak jarang kompromi sangat diperlukan untuk menghindari egoisme dalam hubungan.

Keempat, memahami hak dan kewajiban

Sebagai pasangan suami istri pasti mempunyai hak dan kewajiban masing-masing. Memahami hak dan kewajiban sebagai suami maupun istri sangat diperlukan agar pasangan merasa dihargai, diprioritaskan, dan dicintai.

Kelima, tidak saling menyalahkan

Tidak ada pihak yang ingin disalahkan dalam suatu permasalahan. Suatu hubungan memang tidak bisa luput dari kesalahan dan pertengkaran. Tapi menyalahkan pasangan tidak akan memperbaiki masalah Anda. Pasti ada yang saling mengeluh, dan keluhan itu biasanya disebabkan oleh harapan yang tidak realistis. Baiknya, apabila terjadi pertengkaran dibicarakan bersama-sama berdua tanpa melibatkan pihak ketiga yang berlawanan jenis agar tidak terjadi perselingkuhan atau kenyamanan dengan lawan jenis. Tetap menerima kenyataaan bahwa tidak semua harapan berjalan sesuai kehendak.

Keenam, belajar memaafkan, melupakan, dan tidak mengungkit

Semua manusia pasti pernah membuat kesalahan. Tetapi belum tentu semua orang bisa belajar untuk memaafkan, melupakan dan tidak mengungkit. Hal ini sangat Anda butuhkan jika memang berniat menghindari perceraian dalam rumah tangga. Dalam dunia rumah tangga yang ideal, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada rasa bersalah dan dendam menyelimuti batin satu sama lain. Lupakan dan ikhlaskan menjadi salah satu kunci penting.

Ketujuh, luangkan waktu untuk berdua

waktu untuk berdua bersama pasangan sangatlah dibutuhkan. Setiap pasangan harus memiliki quality time agar hubungan tetap terjalin mesra serta membuat pasangan rileks dan Bahagia.

Kedelapan, ibadah dan berdoa

Tidak ada yang maha mengabulkan, menjaga, dan membolak balikan hati manusia selain Tuhan Yang Maha Esa, maka oleh sebab itu tetap ibadah, berdoa , serta menghindari hal-hal yang ditentang oleh Agama. Tetap berdoa agar pasangan kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan terhindar dari perbuatan dosa yang dapat merusak pernikahan.

Penulis: SA

Ingin mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan hukum keluarga yang tengah Anda hadapi? Kami siap membantu Anda dengan memberikan konsultasi secara GRATIS. Silahkan hubungi Kantor Hukum Rafa & Partners di:

Wa: 081365531099.

Website: https://rafa-law.com/

Email: info@rafa-law.com.

Kantor: Menara 165, Lantai 4, Jakarta Selatan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Scroll to Top