Ke Wilayah Pengadilan Agama Manakah Gugatan Cerai Diajukan Jika Salah Satu Pihak Atau Keduanya Berada di Luar Negeri?

Perceraian merupakan sesuatu yang tidak pernah diinginkan atau bahkan dibayangkan oleh pasangan mana pun setelah mereka memutuskan untuk hidup berumah tangga. Akan tetapi, tak kala perceraian juga merupakan solusi agar masing-masing pihak bisa kembali tersenyum, gembira, dan dapat menikmati hidup sebagai mana mestinya. Berbicara mengenai wilayah Pengadilan Agama tempat mengajukan perceraian, pada prinsipnya, khusus gugatan perceraian bagi orang yang beragama Islam diajukan ke wilayah Pengadilan Agama dimana isteri bertempat tinggal.

Namun, apabila salah satu pihak berada di luar negeri atau keduanya berada di luar negeri, lantas perceraian diajukan ke wilayah Pengadilan Agama mana? Untuk menjawab hal tersebut mari simak ulasan berikut:

Pertama, menurut Pasal 73 ayat (2) UU Peradilan Agama, jika suami bertempat kediaman di luar negeri, maka gugatan tetap bisa  diajukan di tempat kediaman istri berada.

Kedua, menurut Pasal 73 ayat (3) UU Peradilan Agama, jika suami dan isteri bertempat kediaman di luar negeri, maka gugatan perceraian diajukan ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat atau di mana dulu perkawinan dilangsungkan.

Sebagai contoh kasus seperti ini: Surti domisili Bekasi, menikah dengan Anto yang saat ini bertempat tinggal dan bekerja di Meksiko. Karena LDR, akhirnya Surti dan Anto sering cekcok, sehingga hubungan rumah tangga mereka tidak bisa dipertahankan lagi. Oleh karena itu, merujuk pada ketentuan aturan di atas, Surti dapat mengajukan gugatan cerai di wilayah domisilnya, yakni Pengadilan Agama Bekasi, meskipun Anto saat ini berada di Meksiko.

Namun, jika Surti dan Anto keduanya sama-sama berada di Meksiko, maka melaui kuasa hukumnya Surti dapat mengajukan perceraian ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat atau di mana dulu perkawinan dilangsungkan.Demikian penjelasan singkat kami, semoga membantu.

Penulis: SF

Butuh konsultasi atau pengacara yang kompeten di bidang hukum keluarga?

Silahkan hubungi Kantor Hukum Rafa & Partners di:

Wa: 081365531099.

Website: https://rafa-law.com/

Email: info@rafa-law.com.

Kantor: Menara 165, Lantai 4, Jakarta Selatan.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Scroll to Top