PROFIL TIM LAWYER

Rahmat Abdullah, S.H | Managing Partner

Adalah alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2016 dari Fakultas Syariah dan Hukum Jurusan Hukum Keluarga. Setelah lulus kuliah, Rahmat kemudian merintis karir sebagai Mitra Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) di Pengadilan Agama Bekasi.

Kemudian, Rahmat melanjutkan karirnya ke Ibu Kota bergabung sebagai Mitra POSBAKUM di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Seiring waktu, Rahmat telah berkeliling menjadi Mitra di berbagai POSBAKUM Pengadilan Agama Jakarta, seperti: POSBAKUM PA Timur, Utara, Barat, dan Pusat.

Selama berkarir menjadi Advokat, Rahmat telah menangani berbagai sengketa Hukum Keluarga antara lain: Perceraian, Isbat Nikah, Dispensasi Nikah, Harta Bersama, Pewalian Anak,Pembatalan Nikah, Penetapan Hibah, Pembatalan Hibah, Penatapan dan Gugatan Waris, serta seluruh lingkup sengketa Hukum Keluarga sebagaimana diatur di dalam Peraturan Perundang-Undangan.

Adapun lingkup kerja Rahmat selama berkarir tidak terbatas hanya di wilayah Ibu Kota saja. Rahmat telah malang melintang berperkara di Pengadilan Agama JABODETABEK dan bahkan pernah beberapa kali menangani sengketa yang berada di luar pulau Jawa.

Dalam menjalani karirnya sebagai Advokat Profesional, Rahmat berprinsip bahwa kepuasan Klien adalah keberhasilan Advokatnya.

Sarah Alzagladi, S.H | Secretary

Sarah aktif sebagai praktisi hukum sejak tahun 2018, meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sarah mengawali karir menjadi Mitra Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dengan menangani berbagai sengketa hukum keluarga, seperti: perceraian, hak asuh anak, dan sengketa waris. Kemudian, Sarah melanjutkan karirnya sebagai Associate dan Sekretaris di salah satu Law Firm di Jakarta. Ia juga aktif di Lembaga Bantuan Hukum Pedagang Pasar Seluruh Indonesia.

Selain itu, Sarah telah berpengalaman menangani berbagai sengketa hukum lainnya, seperti: wanprestasi, perbuatan melawan hukum, sengketa tanah, kasus Perpasaran/UMKM, termasuk juga menangani kasus-kasus pidana, baik mulai dari tingkat kepolisian sampai dengan tingkat Kejaksaan.

Tak hanya itu, kemampuan negoisasi dan mediasi Sarah juga sangat mumpuni. Yang mana pada saat ini, Sarah dipercaya sebagai konsultan hukum di dua BUMD DKI Jakarta.

Di luar kesibukannya sebagai praktisi hukum, Sarah juga aktif sebagai penulis artikel hukum dan sastra.

MITRA KAMI

Hasin Abdullah, S.H | Legal Analyst

Hasin Abdullah adalah alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pria kelahiran Sumenep Madura ini punya rekam jejak profesi yang malang melintang. Sejak awal ia berkiprah di pelbagai profesi mulai dari penulis, jurnalis, editor, dan peneliti hingga praktisi.

Ia menekuni ilmu hukum, ilmu politik, dan ilmu ekonomi serta politik anggaran di Sekolah Kepemimpinan Politik Bangsa Akbar Tandjung Institute (SKPB-AT, 2017), Jakarta. Di samping itu, menggeluti isu seputar hukum pidana dan tata negara di Indonesia Jurisprudence Community (IJC, 2018).

Track record-Nya yang kompleks baik di riset maupun di organisasi. Di antaranya, ia pernah menjadi peneliti muda bidang hukum di Intellectual Creative Indonesia (ICI, 2019-2020). Bahkan, Deputi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Usaha Industri Strategis dan Manufaktur (2010-2014), Dr. Ir. Irnanda Laksanawan, M.Sc.Eng. tidak segan mengangkat Hasin Abdullah sebagai editor di Majalah Ibadah yang ada di bawah kelola perusahaan periklanan PT. Media Madani yang merupakan Direktur Utama.

Lawyer muda yang satu ini melahirkan pelbagai karya ilmiah akademik-praktis, juga pernah menjadi wartawan hukum di kantor media nasional Koran Transaksi (2016) Jakarta. Pemimpin Redaksi Harakatuna Media, dan Penerbit Pustaka Harakatuna (Jakarta, 2019-2020). Ia pernah magang di Kantor Pusat Layanan dan Bantuan Hukum (PUSKUM) UIN Jakarta (2020). Selain itu, ia menjabat sebagai koordinator Forum Negarawan Muda (FNM, 2016) DKI Jakarta.

Pun sejumlah karya tulisnya seputar politik, agama, dan hukum banyak dimuat media nasional cetak atau online. Kini, ia aktif sebagai fungsionaris di Gerakan Indonesia Optimis (2020 – sekarang). Dan, pernah menjadi editor buku Kumpulan Asas-asas Hukum: 2020.

Ikut seminar hukum nasional dan study banding terkait mediasi, pengawasan, dan legislasi di Badan Legislatif MPR/DPR RI, Mahkamah Konstitusi (MK) RI, dan Mahkamah Agung (MA) RI, Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan, serta Komisi Yudisial (KY) Jakarta Pusat. Sedangkan pelatihan advokasi ditempuh di Indonesian Advocate Association (PERADI), ikut pelatihan kepailitan (PKPU) di PT. Smart Smart Wikan Profesional, dan pelatihan hukum pajak di Perkumpulan Profesi Pengacara dan Praktisi Pajak Indonesia (P5I).

Selain pernah juga menjadi editor di majalah hukum nasional di Majalah Al-Adalah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. H. Andi Salman Maggalatung, S.H., M.H., dan Prof. Dr. H. Abdul Gani Abdullah, S.H., MA. Oleh karena itu, tidak heran jika bidang spesialisasi hukum Hasin Abdullah tampak relatif kompleks. Ialah Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Hukum Perdata, Hukum Acara Perdata, dan Hukum Bisnis.

Khusnus Sya’bani, S.H | Administrator 

Khusnus merupakan lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2018. Saat ini, Khusnus sebagai Junior Lawyer di Kantor Hukum Rafa & Partners. Ia bertugas membantu lawyer dalam mempersiapkan kebutuhan persidangan, seperti: drafting, menyusun alat bukti, dan filing dokumen-dokumen hukum lainnya.

Demi memperdalam ilmu hukumnya, Khusnus juga tengah melanjutkan Studi Strata 2 (S2) di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

M. Aldi Fayed S. Arief, S.H | Legal Analyst

Fayed lahir di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 10 September 1997, Fungsionaris sekaligus Tim Lawyer Muda Rafa & Partners Law Firm, menyelesaikan program sarjana hukum konsentrasi Ilmu Hukum Pidana di Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta tahun 2020.

Ia cukup berpengalaman di berbagai organisasi kepemudaan, dan aktif di pelbagai organisasi hukum seperti Mourt Court Community (MCC) UIN Jakarta. Tim Fungsionaris kajian hukum pidana, dan hukum tata negara di Indonesia Jurisprudence Community (IJC) UIN Jakarta.

Beberapa kali ia mengikuti pelatihan-pelatihan teknik persidangan dan penyusunan perumusan perundangan-undangan di Badan Legislatif MPR/DPR RI bekerja sama dengan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta. Sisi lain, spesialisasi imu hukum juga ia dapatkan melalui study banding ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI, dan Mahkamah Agung (MA) RI, serta ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan, serta Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) Jakarta Pusat.

Pengalaman sebagai Legal Officer di Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pernah menjalani tupoksi Protokol Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, dan jabatan terakhir di Bidang Komunikasi dan Kehumasan Dinas KOMINFO Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sembari menjadi Editor Hukum di Koran Indonesia. Bahkan, beberapa kali Fayed tampil dalam peradilan semu di pelbagai Pengadilan.

Selain itu, pernah mengawal sengketa Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 Provinsi Kepulauan Riau di Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta. Terakhir, ia magang sebagai Konsultan Hukum di Lembaga Bantuan Hukum Surya Nusa Tenggara Timur. Untuk itu, pengalaman ini yang mengantarkan putra kelahiran Waiwerang tersebut semakin punya jaringan yang luas dan punya jam terbang yang malang melintang di dunia praktisi.

Bidang spesialisasi hukum Fayed antara lain: Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Kompilasi Hukum Islam (KHI), Hukum Perdata, dan Hukum Acara Perdata.

Awaluddin Fikri, S.H | Legal Consultant

Panggilan familiar Babang, lahir di Jakarta Timur, 09 September 1997. Ia lulusan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta, konsentrasi Ilmu Hukum Pidana.

Sebagai Konsultan Hukum dan Mediator ia tidak hanya fokus melayani jasa konsultasi dan bantuan hukum. Namun, juga terlibat dalam beberapa kasus di Pengadilan menjadi hakim mediator.

Ia sering kali menyusun Drafting Perjanjian, Dokumentasi Hukum dan Pendekatan Analisa Hukum yang dipelajari selama ini. Ia bersama-sama dengan rekan-rekan di Firma Hukum Rafa & Partners, banyak mendampingi Klien-klien baik perorangan maupun perusahaan. Bahkan, secara pro bono membantu masyarakat pencari keadilan sampai ke persidangan.

Pelatihan dan seminar hukum nasional ditempuh di sejumlah lembaga. Di antaranya, Badan Legislatif MPR/DPR RI, dan spesialisasi Babang di bidang Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, Hukum Perdata, dan Hukum Acara Perdata.

Translate »
Scroll to Top